body, a, a:hover {cursor: url(http://1.bp.blogspot.com/-EqdSuJ1lQr4/Tsl-wr7TSfI/AAAAAAAAAj4/hBoRlPJy8qM/s300/contoh-cursor.png), progress;
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS

LIKE THIS (◑‿◐)

Say Hello to Riska (◑‿◐)

TUGAS PIB - ETNOGRAFI PERKEMBANGAN PRODUK KEBUDAYAAN “KETOPRAK”



A. PENDAHULUAN
            Ketoprak merupakan salah satu kesenian daerah Jawa Tengah. Di dalamnya terdapat suatu cerita dan peran-peran yang harus dimainkan. Ketoprak juga berarti seni peran. Cerita-cerita yang diangkat merupakan cerita-cerita sejarah, khususnya dari daerah Jawa Tengah, namun tidak menutup kemungkinan bahwa cerita yang diangkat merupakan cerita dari daerah luar Jawa Tengah. Selain mengangkat satu cerita pokok, di dalam ketoprak juga disisipi cerita-cerita yang sedang berkembang dalam masyarakat disertai pesan-pesan moral berkaitan dengan masalah sosial, politik, budaya, dan sebagainya. Pesan-pesan yang disampaikan dianggap sebagai suatu bagian yang penting karena menyangkut himbauan kepada masyarakat yang menikmati pertunjukkan kesenian ketoprak. Himbaun-himbauan tersebut biasanya atas alternatif penanggung jawab kesenian ketoprak, pihak penanggap kesenian  ketoprak, atau dari pemerintah daerah yang meminta kelompok kesenian ketoprak untuk melakukan sosialisasi lewat pertunjukkan kesenian ketoprak itu. Lakon kesenian  ketoprak harus menguasai peran-peran yang akan dimainkan. Setiap kali melakukan pementasan, penanggung jawab kesenian ketoprak memberikan gambaran umum tentang cerita yang akan dimainkan serta mengkoordinasi seluruh pemain agar dapat sesuai dengan konsep yang ditentukan. Penanggung jawab kesenian ketoprak merupakan orang yang memegang peranan penting dalam suatu kelompok ketoprak. Tugasnya ialah sebagai seorang sutradara, produser, lakon, penyedia perlengkapan, serta pemilik dan ketua kelompok kesenian ketoprak.
            Kesenian ketoprak merupakan salah satu bentuk napak sejarah. Cerita-cerita sejarah diperagakan oleh para lakon di dalam kesenian ketoprak. Tujuannya adalah untuk melestarikan budaya daerah, Jawa khusunya, mengembangkan sejarah tradisional, memberikan hiburan kepada masyarakat, dan menjadi sebuah media untuk menyampaikan pesan serta informasi kepada masyarakat. Sebagai suatu seni peran, kesenian ketoprak cocok digunakan sebagai salah satu produk budaya untuk melestarikan dan mengembangkan budaya lokal, Jawa khususnya. Cerita asli daerah dijadikan sebagai dasar dalam pementasan. Masyarakat akan lebih mengetahui dan memahami  warisan budaya yang dimilikinya. Dengan adanya kesenian ketoprak, diharapkan masyarakat dapat melestarikan keberadaan warisan budaya di daerahnya. Cerita sejarah yang bersifat tradisional dikembangkan menjadi cerita yang dapat mengikuti perkembangan zaman serta minat masyarakat sebagai penikmat seni tanpa mengubah sifat dasar dari sejarah itu. Dengan adanya usaha pengembangan ini, diharapkan pula kesenian ketoprak mampu menjadi hiburan dan salah satu sarana untuk menyampaikan pesan-pesan kepada masyarakat. Kesenian ketoprak menjadi salah satu sarana sosialisasi dari pemerintah ataupun pihak-pihak yang berkepentingan kepada masyarakat. Sebagai contoh sosialisasi tentang program-program dan peraturan pemerintah, himbauan-himbaun kepada masyarakat, kampanye parpol, dan sebagainya.
            Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari kesenian ketoprak. Salah satunya adalah menjadi hiburan bagi masyarakat. Keadaan penduduk yang senang menonton suatu pertunjukan disertai bayolan-bayolan di dalamnya, membuat kesenian ketoprak sebagai salah satu produk budaya lebih efektif digunakan sebagai sarana untuk menghibur masyarakat. Cerita dan peran yang ditampilkan pun disesuaikan dengan keadaan penduduk yang menonton kesenian ketoprak. Hal ini dilakukan guna mengefektifkan pertunjukan dan apresiasi dari para penonton. Selain itu, kesenian ketoprak menjadi salah satu peluang kerja bagi para lakonnya. Suatu pementasan kesenian ketoprak menghasilkan upah sebagai bayaran bagi para lakon. Kesenian ketoprak memiliki banyak manfaat bagi masyarakat maupun para lakon.
B. LOKASI DAN INFORMAN
Ketoprak sebagai salah satu produk budaya daerah Jawa Tengah banyak ditemukan di daerah Jawa Tengah. Ada beberapa  kesenian ketoprak yang ada di Kabupaten Kebumen. Salah satunya adalah Kesenian Ketoprak Pak Ponimin Cokro Suwarno. Di bawah ini adalah identitas mengenai lokasi dan informan Kesenian Ketoprak Pak Ponimin Cokro Suwarno :
Informan                                                         : Bapak Ponimin Cokro Suwarno
Alamat                                                                        : Gunungmujil RT01/RW01, Kuwarasan, Kebumen
Nama Kelompok Kesenian Ketoprak             : Kesenian Ketoprak Pak Ponimin Cokro Suwarno
Penanggung Jawab Kesenian Ketoprak          : Bapak Ponimin Cokro Suwarno
Tahun Pembentukan Kesenian Ketoprak        : 1982
Lokasi Kesenian Ketoprak                              :
            Lokasi awal                             : Wadaslintang, Kecamatan Prembun
            Lokasi akhir                            : Gunungmujil, Kecamatan Kuwarasan
            Bapak Ponimin Cokro Suwarno merupakan salah satu pendiri sekaligus penanggung jawab Kesenian Ketoprak Pak Ponimin Cokro Suwarno. Beliau mendirikan kesenian ketoprak atas dasar untuk melestarikan budaya daerah, Jawa Tengah pada khususnya serta menjadi salah satu peluang kerja bagi para lakon. Beliau mendirikan kesenian ketoprak di daerah Wadaslintang, Kecamatan Prembun disertai SK dari pemerintah daerah Jawa Tengah. Kemudian beliau pindah ke Gunungmujil, Kecamatan Kuwarasan dan memiliki izin mengadakan kesenian ketoprak dari pemerintah desa. Kesenian Ketoprak Pak Ponimin Cokro Suwarno telah memiliki link dari berbagai dearah di Jawa Tengah sehingga dapat mengadakan pentas ke daerah lain dan tambal-sulam pemain dengan kelompok kesenian ketoprak lain di daerah Jawa Tengah.
C. HASIL
Ketoprak sebagai salah satu produk kebudayaan mengalami perkembangan dari awal kemunculannya sampai sekarang. Di bawah ini perkembangan Kesenian Ketoprak Pak Ponimin Cokro Suwarno secara khusus :
PERIODE AWAL
PERIODE SAAT INI
-       Kesenian ketoprak menjadi sarana efektif untuk hiburan, menyampaikan pesan dan informasi.
-       Pertunjukkan kesenian ketoprak bersifat sederhana, menggunakan peralatan seadanya.
-       Lakon berperan menurut kemampuan, latihan-latihan diadakan kolektif oleh kelompok kesenian.
-       Perhatian pemerintah terhadap kesenian ketoprak lebih baik.
-       Apresiasi masyarakat dan pihak-pihak yang mendukung kesenian ketoprak banyak dan bagus.
-       Cerita-cerita yang pentaskan masih bersifat tradisional.
-       Keberadaan kesenian ketoprak sebagai sarana untuk hiburan, menyampaikan pesan dan informasi sudah tergeserkan dengan media lain yang lebih modern seperti media elektronik, media cetak, dan sebagainya.
-       Pertunjukkan ketoprak lebih baik dan mulai berkembang, menggunakan peralatan yang lebih baik.
-       Lakon lebih berinisiatif dalam memunculkan peran.
-       Pemerintah kurang memperhatikan kesenian ketoprak.
-       Apresiasi masyarakat dan pihak-pihak yang mendukung kesenian ketoprak semakin menyusut dan menurun.
-       Cerita-cerita yang pentaskan disesuaikan dengan kondisi masyarakat.

D. PENUTUP
Ketoprak merupakan salah satu produk kesenian sebagai warisan budaya daerah Jawa Tengah. Kemajuan zaman hendaknya tidak mempengaruhi eksistensi kesenian ketoprak. Kesenian ketoprak harus diberikan ruang untuk tetap bertahan. Keberadaan kesenian ketoprak tidak boleh dikesampingkan dan dilupakan oleh masyarakat. Masyarakat hendaknya mau dan mampu melestarikan kesenian ketoprak agar tidak punah keberadaannya. Kreatif dan inovatif merupakan bekal untuk membuat kesenian ketoprak kembali pada eksistensinya.



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

WRITES HERE (◑‿◐)