body, a, a:hover {cursor: url(http://1.bp.blogspot.com/-EqdSuJ1lQr4/Tsl-wr7TSfI/AAAAAAAAAj4/hBoRlPJy8qM/s300/contoh-cursor.png), progress;
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS

LIKE THIS (◑‿◐)

Say Hello to Riska (◑‿◐)

MEMBACA DALAM HATI


     A. Definisi Membaca dalam Hati
Membaca dalam hati adalah kegiatan membaca yang berusaha memahami keseluruhan isi bacaan secara mendalam sambil menghubungkan isi bacaan itu dengan pengalaman maupun pengetahuan yang dimiliki pembaca tanpa diikuti gerak lisan maupun suara. Istilah membaca sering dihubungkan dengan membaca pemahaman serta membaca komprehensif karena tujuan membaca dalam hati itu seperti telah diungkapkan di atas adalah untuk memahami isi bacaan secara menyeluruh dan mendalam.
(Sumber: Buku Pengantar Apresiasi Karya Sastra oleh Drs.Aminuddin,M.pd)

           Secara sederhana, membaca dalam hati merupakan kegiatan pembaca untuk menyandikan dan memahami lambang-lambang bunyi bahasa tanpa mengeluarkan suara. Pembaca mempergunakan ingatan visual, yaitu mata dan ingatan. Pembaca dalam hati tidak boleh mengeluarkan suara pada saat membaca.
Secara luas, membaca dalam hati merupakan proses intelektual yang kompleks yang mencakup dua kemampuan utama, yaitu penguasaan, makna, dan kemampuan berpikir tentang konsep verbal (Robin 1992:106). Dalam membaca dalam hati terjadi secara simultan konsentrasi dua arah dalam pikiran pembaca. Pembaca secara aktif merespos ungkapan bunyi, simbol-simbol tulisan, dan bahasa yang digunakan oleh penulis dalam rangka memahami makna yang terkandung di dalam teks. Oleh sebab itu, pembaca dituntut dapat mengungkapkan makna yang terkandung di dalam teks. Makna yang diterima pembaca diolah di otaknya untuk menghasilkan pikiran yang kritis dan kreatif.
(Sumber: Dasar-Dasar Membaca Bermuatan Berpikir Kreatif dan Pendidikan Berkarakter oleh Haryadi)

Menurut Ahli:
Tarigan 2008:30
Membaca dalam hati pada dasarnya adalah membaca dengan mempergunakan ingatan visual (visual memory), melibatkan pengaktifan mata dan ingatan. Tujuan utama membaca dalam hati (silent reading) adalah untuk memperoleh informasi.

     B. Kesimpulan definisi:
Berdasarkan definisi yang telah kami dapat dari berbagai sumber, maka kami dapat menyimpulkan bahwa:
Membaca dalam hati adalah teknik membaca dengan tidak mengeluarkan kata-kata atau suara, tanpa gerakan kepala dan hanya dituntut kecepatan mata dalam membaca agar kita dapat memahami isi bacaan dengan baik.



  C. Tujuan Membaca dalam Hati
Tujuan membaca dalam hati antara lain :
a.       Lebih konsentrasi fisik dan mental.
b.      Dapat membaca dengan lebih cepat.
c.       Lebih mudah dipahami atau dimengerti.
d.      Dapat menyesuaikan kecepatan dengan tingkat kesukaran yang terdapat dalam bacaan.
e.       Tidak berisik sehingga tidak mengganggu orang yang ada di dekat kita.
Seseorang dikatakan dapat memahami bacaan secara baik jika memiliki kemampuan sebagai berikut:
1.      Kemampuan menangkap arti kata dan ungkapan yang digunakan penulis.
2.      Kemampuan menangkap makna tersurat dan tersirat.
3.      Kemampuan membuat simpulan.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

WRITES HERE (◑‿◐)