body, a, a:hover {cursor: url(http://1.bp.blogspot.com/-EqdSuJ1lQr4/Tsl-wr7TSfI/AAAAAAAAAj4/hBoRlPJy8qM/s300/contoh-cursor.png), progress;
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS

LIKE THIS (◑‿◐)

Say Hello to Riska (◑‿◐)

MEMBACA EKSTENSIF


2.1       Pengertian Membaca
Membaca adalah salah satu dari empat keterampilan berbahasa. Berikut ini akan di jelaskan apa sebenarnya pengertian membaca ekstensif, serta tujuan yang terkandung dalam kegiatan membaca ekstensif.

Beberapa pengertian membaca ekstensif
1.      Dalam Dictionary of Reading (1983:112) disebutkan membaca ekstensif merupakan program membaca yang dilakukan secara luas.
2.      Menurut bahasa membaca ekstensif adalah membaca secara luas
3.      Menurut istilah membaca ekstensif adalah membaca sebanyak mungkin teks atau naskah
4.      Menurut Broughton membaca ekstensif dibagi menjadi 3 yakni :
a.       membaca survey(survey reading) adalah membaca dengan tujuan untuk mengetahui gambaran umum ihwal isi (content) serta ruang lingkup (scope) dari bahan bacaan yang hendak kita baca
b.      Membaca sekilas atau membaca skimming adalah sejenis membaca yang membuat mata kita bergerak dengan cepat melihat dan memperhatikan bahan tertulis untuk mencari dan mendapatkan informasi secara cepat (Tarigan, 1990:32).
c.       Membaca dangkal atau superfical reading pada dasarnya merupakan kegiatan membaca untuk memperoleh pemahaman yang dangkal atau tidak terlalu mendalam dari bahan bacaan yang kita baca.
Simpulan pengertian membaca ekstensif
Dapat disimpulkan bahwa pengertian atau definisi membaca ekstensif adalah membaca yang dapat menjangkau secara luas dengan waktu yang singkat dengan objek meliputi beberapa bacaan atau teks.





2.2   Tujuan Membaca Ekstensif
1.      Menurut Harris dan Sipay (dalam Muakibatul dkk, 2011), tujuan membaca ekstensif adalah mengembangkan kebiasaan membaca.
2.      Menurut Day dan Bamford (2000) mengatakan bahwa membaca ekstensif bertujuan tidak hanya membantu siswa belajar membaca, tetapi juga membantu mereka untuk dapat menikmati bacaan.
3.      Menurut Palmer (dalam Muakibatul dkk, 2011) bahwa membaca ekstensif bertujuan membiasakan siswa pada dunia nyata untuk memperoleh kesenangan dan informasi.
4.      Menurut Richards, Platt (dalam Muakibatul dkk, 2011) mengatakan bahwa membaca ekstensif bertujuan mengembangkan kebiasaan membaca yang baik, membangun pengetahuan dari kosakata dan struktur, dan mendorong minat baca atau kesukaan membaca.
5.      Menurut Muakibatul dkk (2011), mengatakan bahwa tujuan membaca ekstensif meliputi :
a.       Memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dari berbagai sumber bacaan,
b.      Meningkatkan kemahiran membaca, terutama kelancaran dan keefektifan membaca,
c.       Mengembangkan kebiasaan membaca,
d.      Membangun pengetahuan dari kosakata atau struktur,
e.       Memperoleh kesenangan (kenikmatan) dari bacaan, dan
f.       Meningkatkan minat baca.      

Simpulan tujuan membaca ekstensif
Dapat disimpulkan bahwa tujuan membaca ekstensif adalah menumbuhkan kesenangan dan kemauan membaca beragam wacana tulis dalam bahasa target (bahasa yang sedang dipelajari). Dengan membaca ekstensif seseorang dapat meningkatkan kemampuan dan minat bacanya.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

WRITES HERE (◑‿◐)