body, a, a:hover {cursor: url(http://1.bp.blogspot.com/-EqdSuJ1lQr4/Tsl-wr7TSfI/AAAAAAAAAj4/hBoRlPJy8qM/s300/contoh-cursor.png), progress;
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
RSS

LIKE THIS (◑‿◐)

Say Hello to Riska (◑‿◐)

CONTOH LAPORAN PERJALANAN

Laporan Perjalanan Pentas Teater ke Solo

Kamis, 3 Oktober 2013 Aku dan kawan-kawan Lab Teater Usmar Ismail melakukan perjalanan ke Solo. Kami akan pentas Teater Luar Kota di  Solo pada hari Jumat, 4 Oktober 2014 pukul 20.00. Kami berangkat dari Semarang pukul 17.00 dan sampai di Solo pada pukul 22.00. perjalanan kami tempuh selama kurang lebih 5 jam perjalanan karena kami sering mampir untuk berhenti sholat, makan, isi bensin, dan sebagainya.
Kami berangkat menggunakan sepeda motor secara rombongan. Perjalanan terasa berarti karena kami menikmati setiap perjalanan dengan rasa senang. Dinginnya udara malam menjadi pembakar semangat kami. Lampu-lampu jalanan, toko-toko yang dipenuhi lampu, dan segala pernak-pernik malam yang indah. Ini adalah kali pertamaku berkunjung ke Solo dan kali pertamaku ikut pentas luar kota.
Solo di malam hari sangat indah. Jalan-jalan ramai dipenuhi para pengendara kendaraan, sepeda motor, mobil, andong, dan sepeda. Banyak orang-orang yang masih setia dengan pekerjaannya atau orang-orang yang suka keluar malam sekedar mencari udara malam. Solo banyak menyimpan bangunan sejarah kuno, bangunan Jawa, dengan segala arsitektur khas Jawa. Ukiran kayu pada baagian pintu atau hiasan-hiasan banyak ditemukan di Solo. Restoran-restoran di dekat jalan, tempat perbelanjaan, toko-toko makanan/butik banyak yang memakai interior dan eksterior Jawa. Hampir seluruh masyakat Solo berusaha untuk melestarikan kekayaan Jawa yang bernilai seni tinggi ini.
Universitas Negeri Solo (UNS) menjadi tujuan kami malam itu. Di sana kami akan bergabung dengan Teater Peron (Teater UNS) untuk pementasan. Kami disambut gembira oleh para anggota Teater Peron dan sebagian anggota Lab Teater Usmar Ismail yang telah sampai di sana sehari sebelum kami berangkat. Sembari menunggu makan malam siap, kami segera bersih-bersih dan sholat. Tempat kami singgah saat itu adalah PKM UNS. Di dekat PKM ada sebuah Masjid besar yang bersih, sejuk, dan sangat nyaman untuk aktivitas ibadah. Masjid Nurul Huda, masjid terbesar milik UNS. Masjid tersebut tidak hanya digunakan oleh pihak kampus saja untuk kegiatan ibadah ataupun kegiatan kampus, tetapi dapat digunakan oleh pihak luar kampus, misalnya untuk ijab qobul pernikahan. Setelah selesai bersih-bersih, sholat, dan sebagainya, kami makan malam dengan nasi bungkus yang telah disediakan. Setelah itu kami dipersilakan untuk istirahat di lantai dua PKM, di sebuah ruangan yang besar, biasanya digunakan untuk rapat. Kami pun tidak ingin meninggalkan momen-momen malam di UNS. Jalan-jalan malam mengitari sebagian kecil wilayah kampus UNS menjadi alternative sebelum tidur. Sekitar tempat kami beristirahat tampaknya tidak seramai kampus FBS UNNES. Jarang ditemukan orang-orang lalu lalang di kampus UNS.
Malam di Solo ternyata cepat berlalu. Pagi sudah siap menyambut kami untuk melanjutkan aktivitas. Pagi itu direncanakan untuk bersih-bersih, makan, dan sedikit istirahat, selanjutnya menyiapkan segala sesuatu untuk pentas di Teater Arena, ISI Surakarta. Malam hari sebelum sampai di UNS, kami telah mengunjungi Teater Arena untuk mengecek tempat. Teater Arena adalah tempat pementasan teater yang ruangannya cukup nyaman dan tata letaknya tidak terlalu rumit. Di dalamnya melingkar tempat duduk penonton secara bertingkat agar nyaman dan tidak mengganggu penonton lainnya. Tempat lighting juga terletak terpisah dengan arena teater yaitu di atas, saling berhadapan dengan arena pentas. Tempat kostum dan make up ada dua tempat, yang masing-masing untuk cowok dan cewek. Teater arena menjadi tempat pentas pertamaku di Solo.
Pagi hari setelah sholat shubuh aku dan salah satu temanku berencana untuk jalan-jalan pagi mengelilingi kampus UNS. Ternyata benar, kami mengelilingi UNS dan menemukan banyak hal baru. Kampus UNS memiliki empat tempat ibadah, yaitu masjid, gereja, vihara, dan pura. Kami takjub karena ada tempat ibadah yang begitu lengkap dibangun di area kampus. Kami mengamati setiap hal yang dapat dijangkau. Mengintip tempat-tempat ibadah karena penasaran apa saja yang terdapat di dalamnya. Kami tidak dapat masuk ke dalam tempat ibadah selain masjid karena terpasang larangan untuk tidak masuk bagi yang tidak berkepentingan. Selain itu, kami menjumpai semacam danau, kalau di Unnes mungkin adalah “Embung”. Banyak Fakultas yang kami temui di sana, misalnya Fakultas Kedokteran yang tidak ada di Unnes. Di depan PKM juga terdapat stadion, pusat informasi universitas, dan sebagainya. Setelah berkeliling di dalam kampus, kami pergi ke luar untuk mencari jajanan khas di Solo. Aku dan banyak kawanku yang lain dibawa keliling masuk ke gang-gang dan pasar di sekitar kampus oleh salah satu teman dari Teater Peron. Solo di pagi hari tidak jauh berbeda dengan Semarang di pagi hari. Kami menjumpai banyak mahasiswa yang sedang mencari makan dan banyak juga mahasiswa yang bersiap kuliah.
Persiapan panggung di Teater Arena dimulai sekitar pukul 11. Kami harus mencari batu-batu ukuran besar dan kecil sebagai properti. Pentas dengan Lakon Joko O’o dilaksanakan pada pukul 20.00. Aku berperan sebagai adik dari Ibu Joko O’o. Antusias penonton sangat luar biasa saat itu. Banyak penonton yang menyaksikan pementasan kami. Rasa senang dan bangga pun dirasakan oleh segenap tim Lab Teater. Rasa kekeluarga pun semakin erat dengan hadirnya Teater Peron yang membantu dalam pementasan.
Setelah selesai pentas diadakan diskusi kecil untuk membahas perihal pentas yang telah dilaksanakan. Setelah itu sebagian anggota Lab Teater Usmar Ismail meninggalkan Solo untuk kembali berkegiatan di Kampus Unnes. Sebagian anggota menunda kepulangan sampai hari berikutnya untuk menuntaskan segala properti yang harus dibawa pulang ke Semarang. Pentas Luar Kota di Solo telah selesai, Lab Teater Usmar Ismail sip melakukan pentas Luar Kota berikutnya…..